Kamis, 12 Maret 2015


Contoh-contoh Teater Tradisional dan Modern
. - Pada waktu itu saya sempat memposting tentang Tokoh Terkenal Seniman Tari Indonesia . Sekarang saya akan sedikit memberikan contoh dari teater tradisional dan teater moder . Lalu apa itu teater . Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertiannya yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti) . Teater di artikan dalam 2 arti dalam arti luas dan arti sempit
Teater dalam arti sempit = Sebagai drama ( Kisah hidup atau kehidupan manusia yang di ceritakan melalui pertunjukkan pentas ).
Teater dalam arti luas = Segala tontonan atau pertunjukkan yang di pertunjukkan di hadapan orang orang banyak .
Adapun unsur-unsur dalam teater meliputi :
1. Naskah atau Skenario
berisi kisah dengan nama tokoh dan dialog yang diucapkan dalam cerita tersebut .
2. Pemeran
3. Sutradara
Seseorang yang menjalankan atau memimpin jalanya produksi teater .
4. Properti
Sebuah perlengkapan yang di perlukan dalam pementasan teater . Seperti halnya meja,kursi dll.
5. Penataan
dalam unsur penataan ,penataan di bagi dalam 4 penataan antara lain tata rias , tata busana , tata lampu , tata suara .
baik kita ke Topik , saya akan memberikan contoh teater tradisional terlebih dahulu apa saja itu , simak di bawah ini :
1. Ketoprak
ketoprak merupakan seni teater yang di perkenalkan dari yogyakarta jawa tengah . Jenis teater yang ini adalah pentasan yang di selingi dengan lagu-lagu jawa dan di iringi dengan gamelan .
2. Ludruk
Kesenian yang berasal dari jawa timur . Ludruk merupakan suatu pertunjukkan yang oleh sebuah group kesenian dan dalam pertunjukkanya ludruk menceritakan tentang kehidupan rakyat ,cerita perjuangan yang di selingi dengan lawakan dan gamelan sebagai pengiringnya .
3. Wayang orang
cerita wayang purwo( wayang kulit) yang di panggungkan dengan pemeran orang dewasa yang di padukan dengan gerakan tari . Adapun sumber ceritanya dari Ramayana dan Mahabarata .
4. Reog
Seni tradisional dari jawa timur yaitu ponorogo , dalam seni reog ini , pementasan di lakukan atau di pertunjukkan di arena terbuka . Pemeran utamanya adalah orang berkepala singa dengan hiasan bulu merak . Dan di tambah penari bertopeng(pentholan) dan juga penari kuda lumping .
5. Lenong
Kesenian yang berasal dari orang betawi atau jakarta ini mempertunjukkan sandiwara dengan iringan gambang kromong dan menggunakan dialog betawi . Yang utama dari bagian lenong adalah silat ,tarian dan lawak .
6. Sendratari(Seni drama dan tari)
Kesenian yang bercerita tentang cerita wayang dan cerita legenda . Namun dalam pementasan ini hanya di sajikan dalam bentuk tarian tanpa adanya sebuah dialog . Dan di sini gamelan juga sebagai pengiring musiknya .
Di atas adalah contoh dari teater tradisional di negeri kita . Berikutnya kita ke teater modern . Teater modern merupakan pengaruh dari budaya asing . Hal ini merupakan alkulturasi ( pencampuran) budaya indonesia dan budaya asing yang berbeda sifatnya dengan budaya asli dari indonesia . Dan di bawah ini adalah conthoh dari teater modern :
1. Komedi stambul
disebut sebagai komedi stambul di karenakan ceritanya mengenai kejadian-kejadian di stambul dan konstaninopel , persia , arab , dan india . Cerita ceritanya di ambil dari kisah 1001 malam .
2. Komedi bangsawan
disebut komedi bangsawan karena ceritanya mengenai bangsawan yang berasal dari tana semenajung atau negeri jiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar