Jumat, 20 Februari 2015

Cara Mudah Menulis Puisi

  – Menulis puisi? Aduh tidak berani, Saya kan bukan sastrawan,
Begitulah ungkapan sebagian orang tentang  menulis puisi. Mereka menganggap bahwa puisi hanya dapat ditulis oleh sastrawan-sastrawan saja, atau puisi hanya bisa tercipta kala hati sedih, galau benarkah demikian?
Nah, di sini saya ingin berbagi tentang cara mudah  menulis puisi dengan membuatPohon Kata.Beberapa hal yang harus dicermati saat menulis puisi adalah sebagai berikut:
1. Tema
Tema merupakan ide pokok dari puisi yang akan menjadi inti puisi dan kehadirannya sangat penting. Kita tetapkan tema yang akan kita jadikan puisi. Tema bisa kita ambil dengan cara mengamati hal-hal yang ada di lingkungan kita,pengalaman hidup, peristiwa yang kita alami, misal, kebakaran, kelautan, sosok ibu atau kekeringan hutan,dll
2. Membuat pohon kata
Membuat gambar sket pohon dengan beberapa anak cabang yang ujungnya berdaun. Setelah kita tetapkan tema, misal tentang” kekeringan hutan”.kita buat sket/ gambar sebuah pohon yang bercabang banyak
Mendata kata dari kata hutan Kata “hutan” kita jabarkan dengan beberapa kata yang berkaitan dengan hutan tersebut. Misal : gersang, gundul, kering, ranting, hijau, rusak, sejuk, longsor, gugur,daun,tanah, hujan, kemarau, dll
Menulis kata. Kata-kata tersebut kita tulis pada daun-daun dalam gambar atau bisa juga untuk menarik anak-anak( misal yang akan belajar ini anak sekolah) kata-kata yang ada kaitannya dengan karakter kekeringan yang telah kita data tadi kita tulis dalam guntingan berbentuk daun. Selanjutnya, daun-daun tadi tempelkan pada cabang pohon tersebut. Cabang satu dengan kata kering, cabang dua dengan kata gersang , cabang tiga dan seterusnya.
Mendeskripsikan setiap kata menjadi kalimat indah. Setiap kata kita deskrisikan menjadi kalimat indah, misal: kering kerontang wajahmu kini rantingmu terpangkas oleh tangan-tangan jahil dsb.
3. Diksi
Diksi adalah pilihan kata yang tepat sesuai dengan perasaan penulis.Kata yang digunakan bersifat konotatif yang artinya mempunyai makna lebih dari satu dan puitis yang  berarti dapat memberi efek keindahan pada puisi tersebut, kata-kata yang lain yang sehari-hari kita gunakan. Jadi, puisi yang telah dibuat tersebut permaklah dengan diksi yang dapat menimbulkan kesan indah.
4. Rima
Rima bisa disebut persajakan atau persamaan bunyi. Penggunaan rima sangat mendukung keindahan puisi. Suasana hati. Ada dua bunyi yang dapat dipakai untuk memperindah bunyi puisi yaitu aliterasi dan asonansi. Alitersi adalah bunyi indah yang dihasilkan dari persamaan huruf mati atau konsonan. Sedangkan asonansi , bunyi merdu yang dihasilkan dari perpaduan huruf hidup atau vokal.
5. Gaya bahasa
Memilih gaya bahasa yang sesuai sehingga puisi lebih indah dan enak dinikmati. Gaya bahasa yang digunakan dapat personifikasi atau metafora. Misal, hati teriris menangis atau sang raja siang tersenyum menyapa
6. Tipografi
Dengan tipografi yang sesuai, puisi akan indah karena tata letak yang indah pula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar